Waktu

Salah Mengecat

Senin, 31 Maret 2014

                Andi dan Budi mendapatkan pekerjaan untuk mengecat tiang lampu jalan. Pada hari yang ditentukan, ternyata Andi datang lebih awal dan dia pun langsung mengecat tiang lampu di sisi barat jalan. Ketika Andi selesai mengecat tiga tiang lampu, Budi datang dan memberi tahu bahwa Andi mengecat di sisi jalan yang salah. Berdasrkan kesepakatan kemarin, Andi seharusnya mengecat tiang lampu di sisi timur jalan sedangkan Budi yang mengecat tiang lampu di sisi barat jalan.
            Setelah menyadari kekeliruannya, Andi pun berpindah ke sisi timur jalan dan mulai mengecat dari tiang lampu yang pertama sedangkan Budi pun mengecat sisa tiang lampu yang ada di sisi barat jalan. Setelah seluruh tiang lampu di sisi barat jalan selesai dicat, maka Budi pun membantu Andi mengecat enam tiang lampu di sisi timur jalan. Jika banyak tiang lampu di sisi barat dan timur jalan sama, siapakah yang mengecat tiang lampu lebih banyak dan berapakah selisihnya ?

Pembahasan

Kita misalkan banyak tiang lampu pada masing-masing sisi jalan sebagai x, sehingga kita peroleh
·           Banyak tiang lampu yang dicat Andi = 3 + (x -  6) ……. (a)
3 adalah banyak tiang lampu di sisi barat jalan yang dicat Andi diawal kedatangannya, sedangkan x – 6 adalah banyak tiang lampu di sisi timur jalan dikurangi 6 tiang lampu yang akhirnya dicat oleh Budi.
·           Banyak tiang lampu yang dicat Budi = (x – 3) + 6 ………(b)
x – 3 adalah banyak tiang lampu di sisi barat jalan setelah dikurangi 3 tiang yang sudah dicat oleh Andi dan 6 adalah banyak tiang di sisi timur jalan yang dicat Budi.
Karena yang ditanyakan adalah selisih banyak lampu maka kita melakukan operasi pengurangan persamaan (a) dan (b) sebagai berikut :
(3 + (x – 6)) – ((x – 3) + 6) = -6
Karena hasil pengurangan diatas adalah bilangan negatif, maka yang mengecat tiang lampu lebih banyak adalah Budi dengan selisih 6 tiang lampu

Sumber : Matematika Asyik karangan Ariyadi Wijaya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Aljabar - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger